Pengertian SubDomain, Park Domain dan Addon Domain

Bookmark and Share
Pada kesempatan ini saya akan sedikit membahasa mengenai Pengertian Subdomain, Addon domain dan Park domain. Sebelumnya juga saya sempat bingung perbedaan antara subdomain, addon domain dan park domain dan banyak juga yang sering menanyakan perbedaan antara Subdomain, Addon Domain, dan Park Domain tersebut. Sebenarnya perbedaan subdomain, Addon Domain, dan Park Domain sangat jelas sehingga tidak akan membingungkan buat Anda jika sudah mengerti. Berikut ini beberapa pejelasan mengenai perbedaan subdomain, addon domain dan park domain.



1. Subdomain
Subdomain adalah bagian dari domain utama dan bisa dibuat sebebas mungkin tanpa perlu membeli lagi domain baru. Subomain sering kali digunakan untuk membedakan fungsi atau bagian dari sebuah website. Sebagai contoh saja dari website www.situssaya.com, lalu di dalam situs tersebut terdapat fasilitas website membahas kabar sepakbola dan di letakkan di folder bola maka kita dapat mempergunakan sub domain untuk mengakses folder tersebut misalnya menjadi bola.situssaya.com.

Cara pembuatannya adalah dengan mengklik fitur Sub Domain pada CPanel hosting Anda lalu menuliskan nama sub domain yang di kehendaki dan browser akan mengarahkan ke bola.situssaya.com.

2. Parked domain
Parked domain adalah domain yang diparkirkan ke atas domain utama sehingga pada saat domain tersebut diakses akan menampilkan web domain utama. Misalnya seperti ini, kita mempunyai dua buah domain, masing-masing bernama situssaya.com dan blogdiriku.web.id. Namun kita ingin tampilan pada website  blogdiriku.web.id sama persis dengan situssaya.com. Kita dapat mempergunakan fasilitas parked domain untuk menangani masalah tersebut.

2. Addon domain
Addon domain beda-beda tipis dengan parked domain. Addon domain adalah domain yang ditambahkan ke hosting domain utama dan diarahkan ke sub-direktori sebuah website sehingga domain tersebut akan menampilkan isi web dari sub-direktori itu.
Addon domain digunakan kalau ingin menampilkan beberapa web dalam satu hosting.  Dengan fitur ini anda hanya perlu membeli nama domain lagi dan ditambahkan ke hosting anda dan anda akan mempunyai 2 web yang aktif dengan isi berbeda.

Demikian sedikit penjelasan saya pada artikel ini, semoga  menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi saya dan Anda.

Semoga Bermanfaat.

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment